Kamis, 25 Februari 2010

a simple question

Banyak hal besar yang berawal dari sebah pertanyaan sederhana. Misalnya hukum tentang gaya dan gerak benda jatuh yang ditemukan oleh Galileo, berawal dari pertanyaan apakah benar bahwa benda yang lebih berat jatuh lebih cepat dari benda yang lebih ringan? Hukum gravitasi oleh Newton, berawal ketika Newton melihat sebuah apel yang jatuh dari pohon, kemudian dia bertanya mengapa apel bisa jatuh dari pohon? hanya sedikit orang yang berpikir tentang hal-hal yang sederhana seperti ini. Tetapi justru dari situ lah lahir sebuah karya-karya besar yang akan terus dikenang oleh umat manusia sepanjang masa.

Pernahkan kita berpikir mengapa gunting bisa memotong kertas ? Ketika saya tanyakan pertanyaan ini ke beberapa orang kebanyakan mereka menjawab "ya.. karena gunting itu tajam". Akan tetapi kalau saya balikkan pertanyaannya "kalau saya buat kertasnya lebih tajam dari gunting, apakah gunting itu masih bisa memotong kertas ?" tentu masih bisa. Oleh karena itu gunting bisa memotong kertas bukan karena tajam. Tetapi karna hal lain, apakah itu..?

Lalu pernahkan kita berpikir, mengapa orang yang mengendarai sepeda tidak jatuh. Atau pertanyaan yang mirip dengan itu "mengapa gasing yang berputar tidak jatuh ?" padahal kalau kita coba untuk membuat gasing berdiri dengan ujungnya sangat sulit sekali. Tetapi mengapa gasing yang berputar bisa seimbang tanpa jatuh ?

Dan masih banyak pertanyaan lagi yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari kita, menunggu untuk dijawab. Bersyukurlah karena pertanyaan-pertanyaan kecil seperti ini bisa memberikan sesuatu yang besar bagi kehidupan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar