Jumat, 26 Februari 2010

Perbedaan cara pandang

Ada sebuah cerita yang mungkin temen-temen sudah tau. Ceritanya ada sekelompok astronot Amerika yang pergi ke bulan untuk melakukan penelitian. Ketika mereka sudah sampai disana mereka menemui hambatan. Mereka tidak bisa menuliskan hasil riset dan penelitiannya dengan menggunakan pulpen. Kenapa? karena gravitasi di bulan sangat rendah sehingga tinta pulpen tidak bisa keluar. Akhirnya mereka melakukan penelitian dengan dana luar biasa untuk menemukan sebuah teknologi untuk menulis pada kondisi gravitasi rendah. Mereka akhirnya menemukan teknologi itu. Alat itu tidak hanya bisa digunakan untuk menulis di gravitasi yang rendah tapi juga bisa digunakan dalam kondisi dan situasi apapun. Pokoknya canggih luar biasa.

Sementara itu kosmonot Rusia ingin melakukan penelitian yang sama di bulan. Mereka juga mengalami hambatan yang sama, yaitu tidak bisa menulis menggunakan pulpen. Akhirnya mereka pun mengganti pulpen dengan pensil. Sebuah solusi yang sederhana, tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk menyelesaikan suatu masalah.

Dari sini kita bisa lihat perbedaan cara pandang di antara mereka. Astronot amerika menyelesaikan masalah secara teknikal. Mereka membuat hal-hal yang tidak mungkin menjadi mungkin dengan mengembangkan teknologi dan ilmunya. Sedangkan kosmonot Rusia menyelesaikan masalah secara strategis. Mereka mencari jalan-jalan dan kemungkinan lain yang bisa diambil untuk mencapai suatu tujuan.

Cara yang dilakukan Amerika memang terlalu ribet dan mengeluarkan biaya yang besar. Tetapi justru karena itulah teknologi mereka maju. Mereka rela melakukan riset dan penelitian tentang sesuatu sekecil apapun demi kemajuan ilmu dan teknologi mereka. Terlihat dalam kehidupan sehari-hari bahwa orang barat sana sering sekali mengadakan penelitian-penelitian aneh yang kalau menurut kita "ngapain sih hal kayak gitu diteliti segala, kayak ga ada kerjaan aja" bahkan binatang sekecil kutu pun diteliti sama mereka. Tetapi kita tidak akan menyangka bahwa hasil yang mereka temukan melalui penelitiannya itu sangat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar