Minggu, 23 Desember 2012

Dinamika Hujan

Disaat hari sedang hujan, sedangkan kita lupa membawa payung atau jas hujan, apa yang sebaiknya kita lakukan jalan atau lari dalam hujan supaya kita tidak terlalu basah?

Untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita sederhanakan permasalahannya terlebih dahulu. Pertama anggap bahwa air hujan itu jatuh dengan kecepatan yang konstan dan memiliki kerapatan yang seragam di semua titik. Kedua, karna gerak itu relatif, maka kita bisa menganggap bahwa titik-titik hujan itu tidak bergerak, tetapi kita lah yang bergerak ke atas dengan kecepatan konstan.

Sebera basah kita ditentukan dari dua hal: pertama air yang jatuh dari atas, kedua air yang datang dari samping. Tingkat kebasahan dari atas ditentukan dari jumlah titik air hujan per detik  dikali berapa lama kita berada dalam hujan. Sedangkan tingkat kebasahan dari samping ditentukan dari kerapatan air hujan per meter dikali jarak yang kita tempuh dalam hujan.

Jadi misalkan kita bergerak dari titik A ke titik B. karna kita tidak bisa mengubah jarak, maka satu-satunya variabel yang bisa kita ubah adalah waktu. Oleh karena itu kesimpulannya, supaya basahnya minimal kita harus lari secepat-cepatnya atau terbang kalau bisa :)

2 komentar:

  1. bener juga.. lari secepatnya klo emang ga bawa payung ato jas hujan.. tp klo bwa keduanya, berjalan lambatpun sudah baik..pling tidak, qta tidak terkena air dari atas..
    good post, like this..

    salam hangat..

    Liana Kurniawati FIAI UII

    BalasHapus
  2. atau terjun dari ketinggian dengan kecepatan yg sama dengan turunnya air hujan.diperkirakan tidak basah.

    dien

    BalasHapus